iklan

Kamis, 24 November 2011

Pengertian Promosi Kesehatan

The process of enabling people to control over and improve their health, WHO. Adalah proses atau upaya pemberdayaan masyarakat untuk dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya.
pengertian lain:
  1. Promosi kesehatan bagian dari upaya kesehatan (Public health) secara keseluruhan, yang menekankan pada pemberdayaan masyarakat, yaitu upaya meningkatkan, memampukan masyarakat. Untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan, yang lebih bersifat upaya promotif, preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif. 
  2. Pemberdayaan dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat, disertai dengan mengembangkan iklim yang mendukung, sehingga penekanan Promosi Kesehatan pada pengembangan perilaku dan lingkungan sehat. 
  3. Pembedayaan tersebut merupakan upaya kemitraan berbagai pihak dan merupakan upaya dari, oleh dan untuk bersama masyarakat, sehingga masyarakat aktif sebagai pelaku atau subyek, bukan pasif  menunggu objek semata. 
  4. Pemberdayaan dilakukan sesuai dengan kondisi dan budaya setempat, sehingga promosi kesehatan diwarnai suasana lokal.
  5. Dalam promosi kesehatan nuansa kesehatan menjadi lebih kental, suasana kemitraan menjadi lebih nampak dan keberadaan masyarakat sebagai subyek menjadi lebih menonjol.
promosi kesehatan adalah kombinasi berbagai dukungan menyangkut pendidikan, organisasi, kebijakan dan peraturan perundangan untuk perubahan lingkungan dan perilaku yang menguntungkan kesehatan (Green dan Ottoson, '98).
Promosi kesehatan adalah proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya. (definisi yang selama ini dipakai oleh pusat promosi kesehatan) .
Proses pemberdayaan tersebut dilakukan dengan pembelajaran, yaitu upaya untuk meningkatkan kesehatan, kemauan dan kemampuan dalam bidang kesehatan.

DAFTAR PUSTAKA
Syafrudin, dan Fratidhina Yudhia.2009.Promosi kesehatan untuk mahasiswa kebidanan.Jakarta: CV. Trans Info Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar